NEWS UPDATE :  

Berita

LAWATAN SEJARAH: Mengenal Sejarah Kalimantan Tengah dan Memperjuangkan Kemerdekaan RI

Ilmu paling besar adalah pengalaman, karna dari pengalamanlah kita bisa belajar untuk lebih baik lagi dalam meraih kesuksesan. Tidak ada yang instan dalam menuju sukses untuk itulah kita perlu belajar dan belajar lebih tekun, ulet dan gigih karna belajar tidak mengenal usia agar kita mampu menjadi pelajar sepanjang hayat.

Lawatan Sejarah Daerah merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat. Sebagai salah satu metode pembelajaran bagi anak-anak generasi Milenial, khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan. Kegiatan dilaksanakan dengan cara melakukan kunjungan ke  lokasi-lokasi bersejarah, yaitu :

1.       Bukit Batu, Katingan, Kalimantan Tengah.

2.       Tugu Ir. Soekarno Palangka Raya.

3.       Rumah Tjilik Riwut, Palangka Raya.

4.       Museum Balanga, Palangka Raya.

Dimana para peserta saling bertemu atau berdialog langsung dengan narasumber yang sudah melakukan penelitian maupun narasumber yang mengetahui atau terlibat langsung dalam peristiwa sejarah.

Kegiatan Lawatan Sejarah kali ini  dilaksanakan pada hari Rabu, 20 sampai dengan sabtu, 23 Oktober 2021 yang dilaksanakan di Hotel Luwansa Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang di gawangi oleh Balai Pelestarian Budaya Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari siswa/siswi SMA/SMK yang berasal dari SMAN 1 P. Raya, SMAN 2 P. Raya, SMAN 3 P. Raya, SMAN 4 P. Raya, SMAN 5 P.Raya, SMKN 1 P. Raya, SMKN 2 P. Raya, dan SMKN 3 P. Raya. Masing-masing sekolah di dampingi oleh 1 orang guru pendamping.

Pembukaan kegiatan diawali dengan sambutan kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat Dra. Herdarswati.

Dalam sambutan beliau menyampaikan rasa terimakasih kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah dan kepada narasumber yang diundang sebagai pemateri sehingga kegiatan dapat terlaksana dan berjalan dengan lancar.

Kepala balai juga berpesan kepada para peserta agar mempergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah ilmu pengetahuan, teman untuk bertukar fikiran saling berinteraksi satu sama lain serta menambah pengalaman karena tidak semua siswa/siswi mendapatkan kesempatan yang sama.

Selain kepala balai, sambutan juga diberikan oleh kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Dr. Guntur Talajan S.H, M. Pd dimana beliau juga sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Kegiatan ini mengangkat tentang mengenal sejarah daerah di Kalimantan Tengah dalam memperjuangkan kemerdekaan RI

Dalam kegiatan hari pertama pembukaan dan sambutan dari kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Kalimantan Barat dan kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah. Beliau juga diminta untuk pemasangan nametag kepada peserta yang diwakilkan oleh siswa dari sekolah SMKN 2 Palangka Raya yang bernama Raj Surya Aji Perkasa dan siswi SMAN 2 Palangka Raya yang bernama Princessa Lelindra.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 20 – 23 Oktober 2021 di Hotel Luwansa yang beralamat di jalan G. Obos Palangka Raya Kalimantan Tengah

-          Kegiatan pertama diisi dengan pembukaan, penyampaian materi 1 & 2 serta pembagian kelompok untuk kunjungan ke Katingan pada hari kedua dan menyampaikan tugas untuk siswa/siswi peserta.

-          Kegiatan hari kedua penyampaian materi 3 kemudian berangkat dari Hotel Luwansa menuju ke Katingan ke Situs Bukit Batu tempat pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut, kemudian melakukan diskusi kelompok.

-          Kegiatan hari ketiga kunjungan ke Tugu Ir. Soekarno, ke Rumah Tjilik Riwut, dan Ke Museum Balanga Palangka Raya. Kemudian siswa/siswi peserta diminta untuk mengumpulkan hasil kelompok & video Vlog yang dibuat dari kunjungan hari pertama hingga terakhir, sekaligus penutupan.

-          Hari keempat seluruh peserta check out dari hotel.

Oleh Endah Purnawwirawatie, S. Pd